Kamis, 09 Desember 2010

Syair untuk para pelajar khususnya para santri

Syair Ini Ditujukan kepada para pelajar khususnya para santri yang sedang mengemban amanah para rasul dan pengikutanya,,,
Akulah seorang santri (pelajar)
Tak pernah malas mengaji
Tak pernah putus semangat
Kapanpun di mana tempat
Dan kemauanku kuat
Dan aktifitasku padat
Ngaji itu kebutuhan
Yang penting seperti makan
Guna ngaji pada iman
Bagi nafas pada badan
Yang bosan ngaji berarti
Bosan makan nafas mati
Ku hemat tak banyak jajan
Ke orang tua kasihan
Aku slalu mendo’akan
Smoga rizqi dimudahkan
Smoga diampuni dosa
Hidup tentram bahagia
Rizqi tanggungan yang Kuasa
Aku usaha dan do’a
Menerima dan qona’ah
Hati tenang tidak susah
Aku jaga kebersihan
Bersih sebagian iman
Lingkunganku bersih slalu
Tak ada sampah mengganggu
Ku berfikir dengan cerdas
Ngaji dan usaha keras
Beramal dan beribadah
Dengan ikhlas karna Alloh
Aku bersyukur dan bangga
Jadi santri akhlak mulya
Jujur tawadlu’ dan sopan
Rapi taat peraturan
Banyak orang akhlaq mulya
Jauh musibah bencana
Yang jadi benteng dunia
Yang sholeh dan akhlak mulya
Ciri orang ilmu tinggi
Sopan santun mulya budi
Cirri orang Bergama
Sabar taat dan berdo’a
Sabar dalam pelajaran
Walau bosan kubetahkan
Bosan itu goda setan
Yang slalu menjerumuskan
Njaga dari keharaman
Pakean, minum dan makan
Orang yang tak jaga diri
Tak kan dekat ke Illahi
Dan waktu ku atur rapi
tuk beribadah dan ngaji
Tak ada waktu tersisa
Untuk hal yang sia-sia
Walau orang mengingatkan
Penyebab banyak musibah
Pinter tanpa keimanan
Jadi sumber kerusakan
Korupsi dimana-mana
juga polusi udara
Hutan gundul kebanjiran
Alam rusak kekeringan
Tanah longsor gempa bumi
Dampak dari teknologi
Bila tugas dibebankan
Senang ikhlas kulakukan
Tuk cari ridla Illahi
Bekal akhirat ku nanti
Aku santri alalu mikir
Usaha dan giat dzikir
Dan semangat beribadah
Belajar tak kenal lelah
Jika ada rasa bosan
Jemu juga kejenuhan
Ku istirahat sebentar
Olah raga otak segar
Lalu semangat kembali
Sabar dan syukur Illahi
Sebab aku tlah lakukan
Hal banyak kemanfaatan
Perkara yang tak berarti
Tak bosan tak jenuh pasti
Sebab setan yang ndampingi
Akherat menyesal rugi
Aku santri orang hebat
Mikir dunia akherat
Berakhlak dan ilmu tinggi
Mikirnya hingga hal mati
Modern bukan berarti
Pinter ilmu teknologi
Tetapi gersang hatinya
Tak iman tak Bergama
Tetapi modern itu
Pandangannya jauh tentu
Dunia kubur akherat
Disiapkan dengan cermat
Dengan taat dan ibadah
Tak merusak tak serakah
Jikalau aku tertekan
Dengan banyak peraturan
Ku senang Alhamdulillah
Iman menang nafsu kalah
Aku di rumah belajar
Bantu orang tua sabar
Sopan dan baca al-Qur’an
Dan ilmuku kuamalkan
Ku bergaul dengan teman
Yang bisa menambah iman
Dan ilmu pengetahuan
Tidak orang yang urakan
Teman kuajak belajar
Agar ilmuku menyebar
Ku tak akan terpengaruh
Hal negative hati keruh
Bila ku menonton TV
Hanya berita ku cari
Juga siraman rohani
Tambah ilmu tentram hati
Aku tak suka menonton
Gossip ngrumpi dan sinetron
Hati-hati nonton TV
Banyak ngrusak generasi
Sebab TV dikuasai
Orang Yahudi Nashroni
Yang tak punya keimanan
Yang berdasarkan alqur’an
Omonganku tidak kasar
Tak dapat lauk ku sabar
Aku tak akan mencuri
Curi pakaian sendiri
Aku santri tidak nakal
Hati ikhlas tuk beramal
Tak akan gosob miliknya
Teman sebab itu dosa
Dan sukses itu kuncinya
S’mangat dan senang hatinya
Menikmati pelajaran
Dan kerja yang di lakukan
Hati senang menerima
Hasil yang dari kerjanya
Walau sedikit taka pa
Mendapat ridlo yang Kuasa

Semoga syair ,, syair,,, syair,, ini bisa bermanfaat bagi para santri dan juga para pelajar ,,,

klik tulisan ADD A COMMENT untuk berkomentar - klik tulisan ADD A COMMENT untuk berkomentar - klik tulisan ADD A COMMENT untuk berkomentar